Guebukanmonyet!

Berbudaya Itu Seru!

Posted on: February 28, 2008

sampah.jpgAndai saja semua orang di Jakarta tahu kalau berbudaya itu seru. Sudah pasti Jakarta akan menjadi sebuah kota yang begitu indah dan nyaman untuk ditinggali. Tidak ada lagi orang yang main serobot dan tidak ada lagi orang yang membuang sampah sembarangan. Semua orang saling menghargai, semua orang rajin membaca buku, dan mencintai budaya Indonesia. Mungkinkah?

Kenapa tidak? Coba datang ke SDN Selong 01 Kebayoran Baru setiap Sabtu pagi dan bukitkan bahwa berbudaya itu memang seru. Tidak saja seru tapi berbudaya ternyata sangat mudah dan menyenangkan. Nah, kalau para murid SD saja bisa berbudaya kenapa kita tidak bisa?

Jakarta Butuh Revolusi Budaya (JBRB) baru saja meluncurkan sebuah program baru yang dinamakan Berbudaya Itu Seru atau Berburu. Program baru yang dirumuskan oleh tim JBRB di Washington, D.C. ini merupakan sebuah training singkat bagi para murid SD yang mengajarkan betapa pentingnya nilai-nilai budaya yang positif dan maju. JBRB percaya bahwa apabila nilai-nilai budaya yang positif dan maju diajarkan sedini mungkin kepada anak maka mereka akan tumbuh menjadi manusia yang berbudaya. Tidak seperti program pendidikan lain yang biasanya justru membuat murid tertekan, Berburu merupakan sebuah program pendidikan alternatif yang penuh tawa dan canda. Setiap murid diwajibkan untuk belajar sembari bermain. Ada lima tema yang diberikan kepada para murid, yaitu: Berbudaya tertib, mencintai lingkungan, menghargai sesama, rajin membaca, dan mencintai budaya Indonesia. Dan setiap tema diberikan melalui diskusi, simulasi, nyanyian, dan pastinya permainan. Seru bukan?

Bukan para murid saja loch yang tertawa dan bermain sepanjang mengikuti Berburu tapi para kakak pengajar pun mendapatkan kesenangan yang sama. Para pengajar yang kebanyakan adalah anggota baru JBRB tampak begitu bersemangat dalam memberikan materi kepada para murid. Mereka selalu tertawa dan bermain bersama para murid sepanjang program Berburu yang pada Sabtu tanggal 23 Februari kemarin diluncurkan untuk pertama kalinya. Sekarang saja mereka sudah tidak sabar untuk menjalankan Berburu berikutnya.

Kedepannya, JBRB berharap Berburu dapat dijalankan di banyak sekolah di Jakarta agar pesan akan pentingnya berbudaya dapat semakin disebarluaskan. JBRB membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi siapa saja yang ingin tergabung di dalam gerakan ini dan bersama-sama mewujudkan sebuah Revolusi Budaya bagi Jakarta dan Indonesia. Anda tertarik? Hubungi JBRB di 0856 92010666.

Salam Revolusi Budaya!

Lihat foto-foto Berburu di sini.

19 Responses to "Berbudaya Itu Seru!"

I’m proud of you guys. Keep up the great job.🙂

Thanks Mba, doain yah.

Surprais! Selamat ya ma programnya.

gue bantu program via milis dan blog yach…kalo boleh🙂

Salam.
hai bung tasa, semoga programnya lancar. saya juga pengen kalau pulang ke kampung halaman, membentuk kelompok remaja yang concern sama budaya, jadi pengen semacam reformasi budaya tentunya budaya yang positive. seperti budaya kritis, budaya tenggang rasa, budaya nadzafah, baik personal maupun sosial, dan budaya-budaya positif lainnya.
anyway, let us move and move in the right track.
ahmad

wah, kalau Bandung pingin merasakan seru-nya berbudaya juga, gimana caranya?
huhu. good luck yaa! =)

selamat yaa, akhirnya terlaksana juga…
suksess!!

vienz:
bikinlaahh…hahaha

program yang bermanfat .. moga sukses ya… ^^

salam kenal.

Tasa, I’m so proud of you. One more article got published in JP. So proud of you! You’re a lucky guy for you can call Indonesia your country.🙂

saya turut mendukung revolusi budaya!
kak tasa, mungkin kak tasa bisa kasih tips2 untuk menjadi orang yang berbudaya?

tas, no telp yang disebutin susah amat ditelp?
yang terakhir malah bilang “telp yang anda tuju saat ini tidak dapat dihubungi..”

sukses ama JBRBnya ya…btw, aku berminat lo bantuin JBRB, tp bantuannya dalam bentuk karya desain aja. jadi klo tasa butuh gambar ato poster dll aku mau bantu klo aku ada waktu.
masalahnya kan aku kuliah full, trus masih ada kerja sampingan pula, jadi mgkn butuh waktu lama klo mau ngerjain apa gtu.
aku cm nawarin aja…soalnya aku cm bisa bantu dalam bentuk itu aja =) untuk main2 ke sana, jujur aja ga ada waktu. hehehe…

gut lak ama JBRBnya =)

budaya itu seru bisa tidak, tergantung budaya jenis apa yang ingin ditekankan. kalau budaya korupsi jelas tidak seru tapi menjijikan. saya yakin budaya yang dimaksud mas tasa adalah budaya yang positif yang mencerahkan.
betul sekali bahwa transformasi nilai-nilai budaya positif bisa dilakukan dengan penuh fun, bebas dari gaya menggurui dan menghakimi.
saya pikir, pola transformasi nilai-nilai positif ini perlu dikembangkan bukan saja di jakarta tapi juga diberbagai pojok negeri ini.
saya berharap dan punya keyakinan jika generasi baru ini mendapatkan penghayatan budaya positive semenjak dini (early age), akan menghasilkan efek yang dahsyat untuk indnesia kedepan. I really appreciate your program.
ahmad.
riyadh

lagi males: Mohon doanya.

Ahmad: Terima kasih atas dukungannya. Mungkin kita bisa bertukar ide kalau sudah di Indonesia.

vienz: Bisa aja kok, main-main kalau lagi ke Jakarta.

Zahra: Terima kasih!

Shige: Salam kenal juga! Mohon doanya ok.

Macan: Wah makasih banget buat tawarannya. Cukup menggiurkan tuh. Hehe. Kontak2 yah.

Jen: Thanks Mba, I guess I am lucky to have a place I call home.

Areta: Thanks dukungannya. Boleh kita bertukar pikiran tentang Revolusi Budaya, lewat e-mail aja. Ditunggu.

Ary: Wah gak mungkin bos, coba lagi deh. Bisa kok, sumpee deh.

bneran kok mau bantu =P kan bisa buat nambah portfolio (ini toh niat aslinya..-ga dink, emang pgn kasi kontribusi)… tp ya itu…gw cuma bisa bantu kalo lo minta desain poster, illustrasi dll… soalnya klo bantu2 untuk kegiatan outdoor.. ga bisa. jauh bo dr bekasi, dr grogol jg XP tp cm buat JBRB lwoh. di luar itu…gw minta honor XDDDDDDDD
kontak gw ke email aja Sa klo bneran butuh.

Macan: Aseeek. Gitu donk, itu baru namanya anak Jakarta yang berbakti bagi nusa dan bangsa. Hahaha. Oke, bener yah nanti gue hubungi. Sekarang sih lagi gak ada kegiatan yang membutuhkan poster, tapi sepertinya kita akan membutuhkan itu sebentar lagi.

Hidup Revolusi Budaya !!!! Salam kenal pemburu surabaya😀

lama nggak berkunjung ke sini jadi gaptek gw! Hehehe… gw cuma mau komentar…penduduk di indonesia udah pada edan. maunya cepet dapet duit tanpa usaha..

salam berbudaya. siapa yang g” mau sukses tapi fikir, apa yang kalian banggakan.

Salam kenal, Mas Tasa! Saya gembira menemukan postingan ini di sela-sela pencarian komunitas-komunitas kebudayaan yang ada di Jakarta. Moga-moga terobosan-terobosan seperti ini berkembang terussss!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Read My Articles on

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

About Me

guebukanmonyet is Tasa Nugraza Barley. He's a free man with unique thoughts and dreams. He sees his life and this world differently from anyone else. That's because he knows what he wants; and for that reason he doesn't want to be the same. Read why he blogs, here.

Contact Me

guebukanmonyet@gmail.com

Categories

Copyright©2009

All articles and essays were written by guebukanmonyet. Before commenting remember that Life Accepts Differences.
%d bloggers like this: