Guebukanmonyet!

Soeharto in The Eyes of A Young Indonesian

Posted on: February 5, 2008

logo_tjp.gifThis article was published by The Jakarta Post on February 8, 2008. Below is the original article:

I remember how I used to idolize Soeharto and all his ministers when I was a child. I remember how my friends and I were so much in love with the government and we thought Habibie was the smartest guy on the planet, he was my second most favorite by the way. I guess it was the whole situation that made me love Soeharto so much. Literally, he and his government was all over us. Although I hated it, but it was a fact that we had to watch this news program by TVRI called Dunia Dalam Berita every nine o’clock in the evening regardless what TV station we used to watch. I remember how I hated the program because every time I was watching a good movie it made me wait for thirty minutes in the middle of the movie. But, my parents always reminded me that it was somewhat important for me to watch the news program and how I should respect the government for giving us important and updated information about what was happening in Indonesia and around the world. In this matter, I was forced to love.

But it was really my own decision to love Soeharto and his government when I found out in my books that my teachers wanted me to read that Soeharto had been the savior of our economics thefore he deserved the title of Bapak Pembangunan, Father of Development. I found out that it was Soeharto who had helped this country rise from an economic recession after a mismanagement from the previous government. The books told me that during the previous government people had not had any food to eat despite the fact that Indonesia had been a rich country. The books also blamed the communists for this condition and it was Soeharto, our Father of Development, who then came to rescue. I remember how hard it was for me to memorize all the goals of each Pembangunan Lima Tahun (Pelita) for my History class, Soeharto’s five-year economic strategy. Although I did not really like the details because my teachers made me memorize all of them, but I felt the proudness of being an Indonesian. I was proud to know that Indonesia was considered The Sleeping Tiger of Asia that soon would wake up and be as good as other Tigers such as Hongkong, Taiwan, Singapore, and South Korea. And according to one of my teachers, it was Soeharto and his government who had formulated the best economic strategies for Indonesia.

I became more proud when I found out that we were the only Southeast Asian country that was able to make sophisticated airplanes, or at least that was what the government wanted me to think. It was an uplifted moment in my childhood to see IPTN was able to fly its N-250 for the very first time. I was staring at my TV and saw Soeharto’s trademark smile while he was listening to the explanation of his minister of technogy, B.J. Habibie. I was just so proud of being an Indonesian. In my mind, Indonesia would someday be so prosperous and respected by other countries. When I was thinking about how advanced our technology was, depicted by IPTN’s success at that time, at the same time I was remembering how Soeharto had been so generous to poor Indonesians by improving our agricultural sector. I remember the video song that every TV station had to play before they wanted to end all of their programs: A scene would show up showing Soeharto wearing a farm hat while holding cereal grasses surrounded by smiling farmers with, like always, his trademark smile. The combination of our country’s humbleness depicted by one of the government’s jargons Indonesia adalah Negara Agraris” and our technology and promising economic development was perfect. Plus, Indonesia was number one at SEA Games. I, a young Indonesian, just could not ask for more.

Although as a child I did not really understand what Pancasila was all about, but somehow I felt it was important since my teachers made it sound so important to understand for me as an Indonesian. Therefore, I thought memorizing the five principles of Pancasila was so crucial. But, it was not really a difficult thing to do, because every Monday I had to join the flag ceremony which forced me and my friends to shout out loud the five principles. I guess schools still perform the flag ceremony today. Although I did not fully understand the essential significance of the five principles of Pancasila, my environment told me that they were important. But, it was when I was having my first week at my new junior high school in a small city in Central Java that I got really confused with Pancasila and its whole system and what Soeharto’s government was trying to make us understand. My school required me to take a one-week seminar of P4, Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila. Frankly, I did not understand what my teachers were trying to say. I was there, sitting in my new class room with my eyes wide open trying to concentrate and understand what Pancasila was all about. But, it was too hard. I found out that Pancasila was much more complicated than I had thought before, and I started wondering if my friends had the same problem.

As I was growing old, I discovered that there were some people who actually disliked Soeharto and his government, in fact they hated him. Something that astonished me. I then realized that Soeharto was not everyone’s favorite and a lot of people in Indonesia were accusing him for terrible things they said he’d done in the past and present. They accused Soeharto for creating an unfair political and economic condition in Indonesia. They gave me evidence of how Soeharto was oppressing his protestors and giving priviliges to his children and cronies. Sadly, this happened just after I was starting to admire Tommy Soeharto for his achievement to produce the first national car. They told me that Soeharto was a dictator. I finally lost the feeling of admiration when Soeharto arrogantly manipulated the political election in 1997 and made himself president. I became more furious to know that he had made his daughter Siti Hardianti Rukmana as one of his ministers. I said to myself, “No wonder, people kept reminding me not to insult Soeharto and his government in the past.”

I was living abroad when the economic crisis hit Indonesia. At first, I still had the confidence that Indonesia would be able to overcome. I had my fingers crossed and prayed that God would help my country and its government. I prayed that Soeharto would save Indonesians once again from an economic crisis, like he had done before although I was already part of Soeharto’s antis at that time. I kept my eyes open on the news and hoped that a miracle would emerge, but unfortunately it never happened. I remember I saw Soeharto helplessly sign the economic agreement with IMF. For me, it was the first time to see Indonesia’s longtime hero defeated. The IMF agreement obviously did not help his damaged reputation and as the protestors kept rallying on the streets Soeharto decided it was his time to resign.

Soeharto died a few days ago. It had been more than nine years since he admitted that Indonesian people did not want him to lead this country any more. It was clearly not the kind of ending that Soeharto would have thought he wanted to have. His family might have been glad that Soeharto was never put into jail, but I’m sure it did not make Soeharto happy. It must have been a painful truth for him that he was no longer considered a national hero and Babak Pembangunan and was called a dictator instead. I keep wondering what would it have become and what would it be right now if Soeharto had not taken the chance to be the president of Indonesia in 1997: The debate of whether or not the government should give Soeharto a hero status would probably not exist.

29 Responses to "Soeharto in The Eyes of A Young Indonesian"

pertamax kah ini?

saya salut dengan beliau sebagai ahli strategi dan sebagai seseorang yang kharismanya luar biasa berpengaruh sampai ke internasional.

frankly speaking juga, saya tidak setuju terhadap beberapa kebijakan beliau di masa orba yang mengekang kebebasan berpendapat. tapi setelah orba berakhir dan lahirlah orde reformasi, orang indo menjadi seperti teori fisika yaitu benda pegas yang mendapat tekanan kuat akan memberikan daya lontar / dorong yang kuat pula. euforia kebebasan berpendapat dan demokrasi yang berlebihan adalah reaksi yang timbul setelah orba berakhir. yang pada akhirnya memberikan pertanyaan ke diri saya sendiri “apakah kebijakan beliau dulu yaitu membatasi kebebasan berpendapat disebabkan oleh karena karakter orang indo pada umumnya yang apabila diberikan kebebasan dan kekuasaan akan membuatnya ngelunjak?” sebagai pemimpin visioner, saya meyakini beliau sudah memahami betul karakter orang indo tersebut sehingga sebagai pemimpin yang berkuasa akhirnya menerapkan kebijakan seperti itu, untuk mempertahankan kekuasaan dan lain2 alasan pastinya.

that question is still lingering in my mind till now🙂

hmmm…i feel strange when I read this article. Because I remember almost nothing from your childhood memory. And it’s weird because I’m only three years younger, which mean that should be my childhood memory too.

I guess thats why I can’t see him as a hero. Because in his golden era, I’m still a kid who don’t give a damn. When I finally could think of anything else than cartoon and kids stuffs his mask started to fall, and that’s what I remember.

So I just can’t see him as the GREAT leader. I don’t feel his charisma, and I feel nothing when he died. I did pray he’ll get well soon so we could put him in the courtroom. But when I found out he die, I don’t feel loss or disappoint or angry, or happy. I just don’t care.

For me, he is a dictator. Only he cover it good.

Mbak Yonna:
“apakah kebijakan beliau dulu yaitu membatasi kebebasan berpendapat disebabkan oleh karena karakter orang indo pada umumnya yang apabila diberikan kebebasan dan kekuasaan akan membuatnya ngelunjak?”

kalau menurut saya, kita sekarang bukannya ngelunjak. Justru euforia itu timbunan reaksi dari pengekangan rezim orde baru.

Salam.
wah menarik sekali mengikuti obrolan diatas.
saya ingin menanggapi pemikiran mba yonna yang mengatakan bahwa hal yang wajar jika pak Suharto doeloe tidak memberikan ruang aspirasi bagi rakyat, karena suharto tahu betul karakter rakyatnya.
saya coba mengkritis apa yang dilontarkan mba Yonna. saya pikir adalah hal yang wajar juga jika euforia kebebasan yang terjadi begitu dahsyat segera setelah tumbangnya rezim suharto. kedashsyatan tersebut terjadi karena akumulasi dan timbunan kekecewaan yang sudah lama mengedap dan disumbat-sumbat.

dan saya pikir, jika dari sejak awal pembangunan nation ini diawali dengan edukasi politik yang sehat, rakyat diberi tempat yang layak untuk bersuara dan diberi kebebasan untuk berekspresi tanpa represi dari negara, saya pikir, euporia tersebut tidak akan terjadi secara tak terkendali.
tapi itulah fakta sejarah. fakta sejarah yang suram dan kelam.

reformasi pun kini terhampar luas. namun ternyata belum berhasil seratus persen. soalnya penyakit sosial masih saja bercokol di sana sini. dan kasus pak suharto pun hingga kini belum bisa diselesaikan karena memang dianggap punya kekuatan yang hebat.

saya setuju jika dikatakan bahwa pemerintahan sekarang nampak powerless and miskin political will karena ada kaitannya dengna bagi-bagi kue kekuasaan yang dulu dibangun pak suharto, keluarga dan kroninya.

pada posisi inilah, keberanian dan kejantanan dan jiwa kesatria benar-benar dibutuhkan untuk mengungkap dimensi kebenaran yang coba ditutup-tutupi.

saya punya aspirasi, jika ada pemilihan presiden kedepan, pastikan bahwa dia lahir bukan dari rezim yang korup tapi benar-benar punya misi dan personality yang kuat untuk rakyat banyak. dan nampaknya perlu penelitian siapa saja yang benar-benar layak untuk jadi presiden indonesia kedepan.
ayo siapa kira-kira???
ahmad

@zahra: To assess the pro’s and cons of a leadership, it’s an advantage not to have been brought up and raised in praise and awe of the leader. You obviously have been lucky and/or blessed in this respect, I think.

SAYA SUKA CERITERA MENGENAI KATAK YANG DI CEBURIN DI AIR PANAS, TIDAK LAMA KEMUDIAN MATI KARENA KEPANASAN. DI LAIN TEMPAT KATAK DI TARUH DI AIR DINGIN YANG SEDIKIT-DEMI SEDIKIT SUHUNYA DI NAIKAN DAN AMAZINGLY, KATAK TETAP HIDUP DENGAN NYAMAN.

MUNGKIN SAJA PAK HARTO PADA MULANYA BERNIAT BAIK MEMBANGUN NEGARA INDONESIA. SETELAH DUDUK DI KURSI EMPUK PULUHAN TAHUN LAMANYA, DIA TIDAK SADAR KALAU SUHU PENYIMPANGANNYA SEMAKIN NAIK, SAMPAI DIA BISA DUDUK DENGAN NYAMANNYA TANPA MENYADARI PENDERITAAN YANG DI ALAMI OLEH RAKYAT INDONESIA, DARI AKIBAT PENYIMPANGAN-PENYIMPANGAN YANG SEMAKIN HARI SEMAKIN TINGGI. SETELAH DIA DI GULINGKAN DARI TEMPAT DUDUK YANG EMPUK ITU BARULAH DIA MERASAKAN PERBEDAAN SUHU YANG SUDAH SANGAT JAUH DARI SUHU AIR KETIKA DIA MASIH PERTAMA KALI JADI PRESIDEN DENGAN CITA-CITA YANG MASIH MURNI.
BUM…………..KELENGER SENDIRI…………MATI. ………UNTUNG MATI CEPET-CEPET, OTHERWISE DIA HARUS MENGHADAPI COURT SESIONS YANG PASTI AKAN MEMALUKAN DIA DAN SELURUH KELUARGA DAN KOLEGA-KOLEGANYA. SELAMAT BERISTIRAHAT , SELAMAT MENGHADAPI HUKUMAN DI NERAKA OR MUNGKIN DIA SUDAH BERDOA MINTA AMPUN KEPADA TUHAN DAN DI AMPUNI KITA JUGA HARUS MENGAMPUNI DIA, SATU HAL YANG HARUS KITA LAKUKAN ADALAH JANGAN TERULANG LAGI, KEBOBOLAN-KEBOBOLAN SEPERTI INI DI NEGARA KITA. KAN ORANG INDONESIA SUDAH SEMAKIN MAJU DALAM PENDIDIKAN PENGETAHUANNYA DI PAKE DONG UNTUK MEMILIH DAN MENGAMATI TINGKAH PEMIMPIN-PEMIMPIN KITA. SALAH SATU CIRI YANG TIDAK BAIK ADALAH KELAMAAN DUDUK DI SATU TEMPAT. TIGAPULUH SOMETHING TAHUN JADI PRESIDEN ITU KAN TERLALUUUUUUUUUUU LAMA. APAPUN KEHEBATAN SESEORANG. KAYAK ENGGAK ADA ORANG LAIN YANG SE HEBAT DIA LAGI. DUA TERM SUDAH CUKUP.

@zahra dan ahmad
oke…sip…serba berlebihan emang gak baik….terlalu ditekan akhirnya jadi terlalu berontak….yach, meski udah berakhir rezim orba, tapi dampaknya masih terasa sampe sekarang dan kita yang harus berasik ria menerima dampak tsb, sementara beliau sedang sibuk di alam barzah sana….

Yonna…anda benar, saya sependapat dgn anda,
dia ( suharto )tau kita masih bayi,
dia tau kita ini kumpulan org2 tolol yg sok pinter,
mau bukti ketololan kita?
cuma kita negara di asia yg bisa di jajah 350 tahun + 3,5 thn ++.
Dia tau manusia macam apa yg di pimpin nya, dan bagaimana cara memimpin manusia model kayak kita,
org bodoh tdk berbahaya,
yg paling berbahaya adalah org bodoh yg sok pinter, merekalah yg dalam sejarah membuat hancur sebuah bangsa, kalo reformasi ini baik, kenapa hal2 yg bagus dulu itu hilang? bukan nya tambah lebih bagus? beras kekurangan,ada istilah raskin,beras miskin,itu bukan makanan manusia,
penyakit2 purba yg dulu udah punah muncul kembali seperti polio dll,
teroris yg cuma ada di tv tiba2 muncul membantai org2 gak bersalah,
korupsi gak ilang malah tambah liar,gak terkendali,terus kebengisan org2 yg beringas tiap hari kita liat dimana2, dan yg paling parah semua tokoh reformasi sekarang hilang, ngumpet, mereka tdk tau apa yg harus di jelaskan kepada org yg minta kejelasan tentang kebaikan apa yg telah mereka buat, dimasa lalu.
kenapa tambah hancur? olahraga? di asia dulu kita disegani skrg hancur,
dulu indonesia disegani ama negara2 superpower tp sekarang negara2 sekitar kita udah mulai jahat meremehkan kita,
terus tambah satu lagi ketololan kita, kita nyalahin suharto akan semua kutukan yg kita terima karena menggulingkan dia,
bayangkan sedangkan alam sudah tdk bersahabat lagi ama kita, mulai tsunami ampe gempa & longsor membantai kita, bahkan lumpur yg dulu cuma kotoran di waktu hujan sekarang udah bisa membunuh dan menenggelamkan pemukiman,..HEBAT!
dan kita masih asik nuduh2 org sedangkan yg dihukum ama Tuhan itu kita,bukan dia..
dia di tuduh korupsi, coba liat pemimpin yg sekarang, mereka menghisap tanpa memberikan apa2 kpd kita,
korupsi itu sama tua nya dgn prostitusi, gak bisa di hapus, mulai dr zaman nabi2 suci koruptor udah merajalela, tapi bisa di kendalikan, di atur supaya tdk membawa bencana, kalo korupsi ilang berarti kiamat udah dekat, berarti kita butuhkan bukan org suci yg polos seperti didalam komik, yg kita butuhkan org yg tau cara menjinakkan penjahat2 di sekelilingnya supaya mereka tdk mengganas….dan org itu harus ngerti strategi hebat…gak ada nama lain yg lbh hebat dr suharto kalo bicara strategi… tapi kita buta,…belagak pinter tapi bodoh..ironis emang..tp yah mau apa lagi…emang org bodoh yg sok pinter sangat berbahaya,sumber segala macam kehancuran,
suharto adalah org genius tp berlagak polos, sederhana.. masih mau ngobrol2 ama petani masalah sawah, kebun dan pupuk dr kotoran sapi, di acara kelompencapir dan dari desa ke desa yg setelah aku dewasa aku ngerti itulah kekuatan kita yg di incar para penjajah dulu….

Hmmm…Diskusi yang menarik, jadi flash back lagi nih,

Sepanjang yang saya ingat, dulu saya termasuk orang yang mengidolakan pak harto, setiap hari beliau muncul di TV dan radio sebagai satu orang yang membuat rakyat indonesia sejahtera, secara media dulu tidak seperti sekarang, sudah banyak dan sangat terbuka sekali, beda dengan dulu.
Dan sosok beliau di tampilkan sebagai seseorang yang tanpa cela…ternyata dibalik semua itu banyak sekali masalah2 yang terjadi terutama masalah HAM, yang banyak mendapat sorotan dunia luar.
lepas dari itu semua, kalau saya kebetulan berkunjung di desa-desa, banyak orang yang masih mengidolakan pak Harto …kata mereka kehidupan lebih baik di jaman pak harto dibandingkan sekarang, kedelai dan beras saja harus impor..harga bahan baku semakin menjulang
tapi lepas dari pak harto, saudara-saudara etnis Tionghoa bisa bebas merayakan Imleknya, orang2 bebas berpendapat.

So I guess aku agak setuju dengan MARTHA MARLISSA bahwa orang memang tidak boleh terlalu lama duduk di satu tempat, perubahan selalu pasti terjadi, bila dalam satu kepemimpinan seseorang masih pakai pola yang sama, yang terjadi adalah kekerasan dalam berbagai bentuknya. Tapi mungkin bila seseorang itu bisa ikut berubah juga “Tidak saklek” banyak orang akan menhargai dan menghormati dia

Salam. saya tertarik menanggapi mas carlos. Saya pikir dizaman pemerintahan suharto, mau pintar dan cerdas dan kritis itu sulit sekali karena harus berhadapan dengan rasa takut yang diciptakan rezim suharto.
Karena begitu kritis sama pemerintahannya, maka ia harus berani berhadapan dengan bahasa senjata dan kekerasan. Buktinya saja, pas banyak mahasiswa yang menginginkan perubahan, mereka dihantam dan dihajar oleh militer. saya pikir, kok militer diciptakan untuk membunuh dan menghanguskan anak sendiri yang berusaha untuk kritis dan cerdas.
karena ketakutan itulah, kebodohan dan ketotolan semakin subur dan memang sengaja disuburkan untuk menyuburkan dan melanggengkan kekuasaan.
alhamdulillah, kini ada kebebasan berekspresi. tapi memang masih dalam proses menuju dewasa. perlu pendidikan politik yang sehat.
apa yang bisa kita lakukan buat Indonesia kedepan agar lebih baik?
semua itu kita awali dengan diri kita sendiri untuk berkata dan bertindak jujur, tidak menyalahgunakan wewenang, kita harus saling bertausyiah dalam kebaikan dan kejujuran. itu saja dari saya. TKI saudi arabia.

@carlos
wow analisis anda tajam ya…tapi memang benar kok…bangsa kita sudah terlalu lama dijajah oleh kompeni dan oleh pemimpin jadinya gitu. jadi sekalinya dikasih kekuasaan dan kebebasan lgsg bablas byar caur kaya jaman reformasi ini.

contoh nyata yg terjadi adalah saat jaman orba, pengendara kendaraan di jalan raya lebih tertib dibandingkan sekarang. meski dari dulu udah ada yg namanya pengemudi ugal2an dan raja jalanan tapi lebih ngeri pengemudi jaman reformasi skrg ini. misalnya pengendara motor yang kebut2an di malam hari tidak menyalakan lampu dan gak pake helm. jaman orba dulu gak ada tuh motor sliweran gak nyalain lampu, lebih tertib dibandingin skrg.

setuju juga dgn martha malissa dan yeny kalo status quo emg gak akan memberikan pembaharuan ya.

pendapat ahmad ada benarnya kalo tdk semua org indo spt itu, byk org pintar dan berpotensi membawa pembaharuan ditekan dan diteror saat itu. emang orang bodoh dipiara dan lebih disukai karena bodoh berarti miskin dan lemah, dimana mrk akan menghamba pada mereka yang berkuasa, krn dari yang berkuasa itulah mrk dapet uang dan kebutuhan lainnya.

kira2 gitu lah….saya suka diskusi ini, semuanya saling mengisi dan melengkapi….let’s continue this good discussion, salam🙂

Yonna: Iya pertamax, like always. Hehe. Jadi intinya mau punya pemimpin seperti Soeharto lagi? Mmmmh.

Zahra: When were you born anyway? Hehe. Well, I guess I agree that the political condition that we have right now is the result of 32 years of oppression. No one can deny that we didn’t have any political freedom during Soeharto’s regime, I remember how my parents always reminded me not to mock the president and his ministers. I remember how my friends and I used to mock one of Soeharto’s loyal man, Harmoko. Harmoko=Hari-hari omong kosong, hehe. I guess that’s because he always gave this boring speech on TV on political policies made by the government.

Ahmad: Menurut saya euforia demokrasi yang kita alami memang wajar, seperti pendapat Anda. Memang kadang kita jenuh dan jengah tapi saya kira ini memang langkah awal yang harus kita jalani. Kita baru menjalani alam demokrasi kurang dari sepuluh tahun, sementara kita dijajah Belanda selama 3,5 abad trus “dijajah” Soeharto selama 32 tahun. Jadi, sabar aja deh kayaknya.

Colson: Nice point of view.

Martha: Iya saya sangat setuju. Memimpin negeri selama 32 tahun jelas terlalu lama. Awalnya dia mungkin punya niat yang mulia tapi lama-lama niatnya terkikis seiring dengan berjalannya waktu. Entah jadi keenakan atau mungkin jadi haus kuasa.

Carlos: Menarik pandangan Anda. memang banyak yang berpendapat sejelek-jeleknya Soerhato tapi minimal kondisi ekonomi kita masih lebih baik. Kalau jaman sekarang katanya sih korupsi malah makin kenceng tapi masyarakat sama sekali tidak menerima hasilnya. Apapun itu, menurut pendapat saya demokrasi memang perlu waktu yang lama untuk dapat memberikan hasil yang positif bagi masyarakat luas.

Yeny: Nice opinion. Memang benar, rakyat di desa-desa yang tidak tersentuh oleh modernisai lebih menyukai kondisi di jaman Soeharto dan ini yang sangat berbahaya. Berbahaya karena apabila kondisi ini terus berlarut-larut maka harapan masyarakat terhadap reformasi akan semakin menurun. Ini tentu sesuatu yang tidak kita inginkan terjadi. Bisa makin kacau negara ini. Pemerintah pusat harus tanggap dalam menarik hati para rakyat miskin, permintaan mereka tidak aneh-aneh sich. Mereka kayaknya cuma ingin bisa makan enak dan cukup setiap harinya.

@tasa
kalo sama persis sih engga ya…amit2 jabang bayi:mrgreen: mgkn mirip habibie kali yah…hmmmm

When I heard the death of Soeharto I said-What a great Man!!!…He may not be good leader or President..His early days in office was great…No one can deny that…But Cronies around him messed up… He Signed with IMF bcos the economy was going south..Where Indonesisa went wrong?????Moving away from agriculture sector..When Malaysia was in economic crisis–Rubber and Palm oil helped them…These words of yours need to be Bolded-” Soeharto had been so generous to poor Indonesians by improving our agricultural sector”..I dont thinki he was generous..was there any subsidary in Agriculture sector…???In Democracy everyone is corrupt.I see Soeharto as a Hero..I ask the Indonesians here to respect him as he is your former President.

salaam. hi zulfi how are you?
i am ahmad. for this time i am hard laborer in saudi.
well, so you think Suharto is great man, great hero. in this point, i differ with you.
when i was a child, i saw suharto as a hero because he could eliminate PKI which was perceived as enemy to the country.
but that picture is changing when i grow up.
i still remember that during suharto rezim, everybody was afraid of expressing the truth. that is why when the people tried to protest the rezim, they would be the victim or atrocity.
suharto has a good side and bad side as well. the good side is about economy development but i am very sad that in the name of economy development, the rezim sacrifice the live of people.
in this point, i could ask why gaining money through such bad way?
anyway, thanks for discussing. sorry if my english is not good.
ahmad.

untuk saya, soeharto adalah orang yang penuh dengan perhitungan yang presisi (yang mungkin juga dikelilingi oleh lawyer yang hebat plus keuangan yang kuat) hehehehehhehe….

but as you all can see, nothing seems to be able to touch him to his grave.

tapi, karena gue orang yang punya background hukum (sedikit), gue cuma pengen meng-komentari bapak2 jaksa kita yang super pinter. mungkin, konsultan hukum tasa (yonna) bisa mengkoreksi saya apabila saya salah…..

pemaparan dibawah adalah pemaparan yang berdasarkan asumsi yang (hampir pasti) tidak tepat karena berdasarkan info dari tabloid gosip, infotainment dan sumber yang sangat tidak bertanggung jawab, jadi, sangat disarankan untuk tidak mencermati, menggarisbawahi, mempercayai ato (apalagi) mengakui pemaparan berikut ini adalah benar. lagian juga, yang ngasih pemaparan bukan lawyer terkenal ataupun mempunyai pemahaman yang dalam tentang masalah hukum yang berlaku di Indonesia (atau negara manapun)…. =)

as we all know, Jaksa Agung sejak jaman tante megawati sudah memburu eyang kakung saya ini melalui perkara pidana yang menurut saya sudah tepat. karena (lagi-lagi) menurut saya hal yang (mungkin) dilanggar eyang adalah pasal 421 KUHP tentang penyalah gunaan wewenang yang ancaman hukumannya paling lama 2 tahun 8 bulan. Kenapa? karena beliau sebagai presiden (mungkin aja) memberikan suatu perintah (keppres, inpres) yang mungkin (disadari atau tidak disadari) menguntungkan salah satu pihak aja. dan dilihat dari isi keppres/ inpresnya, terlihat sekali bahwa beliau sangat menyadari resiko yang akan ditempuh olehnya. saya agak malas menerangkan keppres atau inpres yang mana, jadi mungkin saya bisa minta tolong mba yonna untuk memaparkan inpresnya (itu juga kalo mau), tapi keppres/ inpres itu ada, asal jangan nyari di inpres tentang pendidikan yah… ga bakal nemu… =P

saya juga bingung, kenapa pak jaksa ribut banget untuk memidanakan eyang pake UU anti KKN, mungkin karena hukumannya lebih berat kali ya… tapi kan terbukti ga efektif tuh… kayanya belum ada yang nyoba nuntut pake pasal 421 KUHP itu yah? alasannya: terkesan terlalu bego, mungkin? =P

yang terlalu bego, menurut saya, para jaksa ini sekarang mencoba menuntut eyang lewat perdata… menurut pemahaman saya (yang hampir pasti salah) hubungan perdata terjadi apabila terdapat perjanjian antara para pihak… nah, mungkin ga seorang presiden membuat perjanjian dengan… pemerintahan-nya sendiri???? ngggg…. kok kedengerannya aneh yah… si bos besar membuat perjanjian dengan anak buahnya…..??? yang ada mah perintah…. hehehhehe… sungguh aneh…

trus menilik tuntutan jaksa ke yayasan supersemar, bahwa yayasan tersebut (yang pengasuhnya eyang) berpotensi merugikan negara sekian miliar, karena yayasan tersebut meminta BUMN untuk menyisihkan 5% dari laba untuk digunakan oleh kepentingan sosial yang terbukti 2,5% untuk kelangsungan yayasan….

saya pikir… mana ada sebuah Badan Usaha cukup gila untuk membuat “perjanjian” mengenai penyisihan labanya, and got nothing in return? hehehe.. itu bukan Badan Usaha namanya, tapi Badan Amal…..
jadi kesimpulan saya yang bodoh dan tidak bertanggung jawab ini, adalah, pasti Badan Usaha tersebut (nurut) menyisihkan labanya karena ada sebuah Keppres/ Inpres (Perintah) dari Presiden… yang lagi2 penyalah gunaan wewenang –> pasal 421 KUHP, 2 tahun 8 bulan… hmmmm… mana perdatanya yah? hekhekhekhekehkke…

lebih gila lagi, masa ahli warisnya harus menanggung perbuatan pidana yang dibuat oleh si eyang? aduuuhhh… karena saya kuliahnya di universitas kampung, kata dosen saya waktu itu kalo pidana itu melekat pada orangnya… jadi waktu orangnya “lewat” ya perkaranya demi hukum, ditutup.
gimana mba yonna, bener ga? maap nih kalo salah… beda lagi sih emang kalo terbukti dapat di perkarakan sebagai perkara perdata….. yah pasti bisa lah, jaksa kita kan hebat2.. ga semua orang lo bisa lolos tes di kejaksaan…

saya ga mau membahas dari sisi UU anti KKN… karena ngebahas pidana-perdata aja udah panjang banget!!!

saya juga ga mau membahas soal praktek money politics di pengadilan… jadinya pasti panjang… kasian yang punya blog…

saran saya sih, dengan segala kerendahan hati, bapak2 jaksa coba konsentrasi ke kita deh para anak2, cucu-cucu dan cicit + temen2 yang menikmati… masa2nya eyang udah lewat… sekarang jamannya anak + cucu2nya… =)

pasti udah kepikiran ma bapak2 jaksa yah?! cuma saya aja yang kurang ajar pake sok2 ngajarin.. pasti sebentar lagi bapak2 jaksa mau nuntut mereka kan?…. atau masih bingung harta yang mana?…. atau masih bingung berani ato ngga? heheheheheh…. yang terakhir jawabannya pasti berani!!!! masalahnya kan pak jaksa udah disumpah dulu waktu masuk kejaksaan… ato… lupa isi sumpahnya?

hekhekhekhekehkehke…

ditegasin lagi, ini cuma pemaparan dari orang yang punya pengetahuan minim soal hukum. jangan percaya, jangan dipake sebagai bahan pertimbangan, jadiin bahan tertawaan aja….

love,
ary

Zulfi: Hey bro, so you think Soeharto was great? Well, I can’t blame you for that. some people indeed think he was a great leader.

Ahmad: I agree. No political freedom, and it was so bad. People were afraid to say anything bad about him and his government, and I think that’s oppression.

Ary: Ngomong apaan tuh? Kagak ngarti gue. hehehe. Seperti yang diketahui semua orang, masalahnya bukan pasal apa yang salah atau benar tapi tidak adanya keinginan politik yang kuat untuk menghukum Soeharto. Saya yakin banget bahwa para pelaku hukum Indonesia lega dan bahagia begitu tahu Soeharto meninggal. Mereka pasti mikir, “Akhirnyaaaaaa……” Selama ini mereka pura-pura sibuk, pasal ini pasal itu, padahal itu cuma aksi aja di depan masyarakat sambil nunggu Soeharto meninggalkan dunia ini. Abisnya, kalau Soeharto ditindak kroni-kroninya udah pasti takut ikutan juga. Dan berhubung para kroni Soeharto banyak yang masih jadi penggede, jadi bisa ditebak kan?

@Ary
hah, aku? konsultan hukum tasa? iya juga sih, i am his legal consultant on relationship matter:mrgreen:

mas ary ngebahas hukum tata negara, hukum perdata dan hukum pidana sekaligus? wow, orang hukum jugak? pantes saya merasa familiar ma cara bicara mas ary….satu habitat ma saya rupanya hehe.

iya bener banget mas, perbuatan pidana melekat pada si pelaku…emang lucu banget kalo kemudian tuntutan pidana diarahkan pada ahli waris si pelaku. secara hukum pidana dunia, beliau udah bebas lepas dari jeratan hukum….so ngapain diomongin? buang2 waktu ya?!

the rest, i’m fully agree with you mas Ary?! secara praktek, saya gak berpengalaman di bidang ini karena saya cuma ngurusin hukum bisnis/korporat. kalo ngomong teori sih gak susah kali ya, tinggal buka KUHP dan KUHPerdata plus buku2 Subekti, Moeljatno, dll. soal money politics di pengadilan hmmm….tau sama tau aja deh ya?!🙂

@Ary & Tasa
ya…itulah gambaran nyata penegakan hukum Indonesia…karena suasana tsb yang membuat saya memilih bidang hukum bisnis…sedikit anekdot ttg lawyer, lawyer litigasi loves trouble (they confont with counterparty’s lawyer in court, etc) but corporate lawyer doesn’t like trouble and try to give best solution for his client in doing business transaction. tapi anekdot itu cuma anekdot ya….gak ada maksut menggeneralisir….toh lawyer litigasi juga punya ledekan buat lawyer corporate…sama2 aja deh…jangan percaya kata2 saya jugak….takut menyesatkan hehe:mrgreen:

salam…

GBM:
*muka datar* (tapi didalam hati bergelora banget pengen ngomong masalah eyang kita yang satu ini, tapi…. harus ditekan karena bagi saya, kalo ngomongin hukum yang lebih maju lagi, jadinya malu, karena bukan pakar hukum…) *aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrgggggggggggggggggghhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh* *hosh-hosh* *aaaaaaaaaaaaaarrrrrrrrrrrrrrrrgggggggggggggggggggggggggggggggggggggggghhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh* (damn-it !!!!!!!!!!!!!!!!!!!) *hosh-hosh* gila, udah begini aja masih pengen muntahin kata-kata….. ga tau kenapa ya tas, kalo ngomongin yang satu ini, gue cepetttttt bangetttttttttttt emosi-nya…..

ps: emosi kesel karena soeharto ga jadi di hukum ato emosi karena banyak orang yang menghujat, cuma gue yang tau…. hehehehehhe…. *no comment for that*

yonna:
oya? bener yah pemaparan gue yang tidak bertanggung jawab itu diatas?! waaaaaaaaahhhhh… senangnya…….. kirain ngasall….. *mata berbinar-binar*
mba yonna lawyer corporate yagh?! wah, boleh dong tanya2 soal pasar modal….. *kesempatan dalam kesempitan mode on* hgehegheghegehgehg….

@mas ary
*cuma melayani konsultasi hubungan percintaan
😆

yonna:
uuuhhhh… pelit ilmu neeeggghhh…
*eh.. tapi katanya cuti?! hmmm..* *menopang dagu dan mata memicik curiga*

Ary: Kenapa coba jadi emosi? Gak kebagian harta warisan yah? Hehehe.

tasa:
egh… gile lo tas… eyang gue tu kaya banget lagi… ga mungkin lah gue ga dapet…. lo aja dapet kan?

colson:
hmm…yeah…i am lucky.
but i guess it doesn’t matter anymore…

carlos:
bener memang, korupsi pasti ada. tapi menurut saya korupsi kita sudah amat keterluan. berakar sampai lapisan masyarakat paling bawah. menurut saya, yang namanya perubahan itu untuk yang lebih baik itu selalu makan korban. ya memang itu proses alamnya. karena kalaupun Pak Harto nggak kita gulingkan dan kita hidup enak sampai mati nanti, coba bayangkan apa nasib cucu kita nanti. jadi negara bagian amerika ke 53 kali ya saking ga bisa bayar utang?

GBM:
’87 lahirnya…masih muda kaann…hohoho

ary:
kata buku The Prince-nya Machiavelli sih, hukum dibuat para prince ini untuk kepentingan mereka. Kayanya Pak Harto termasuk.

terus mumpung ada dua orang hukum nih (sama mbak yonna juga) saya mau nanya nih.
hukum itu kan katanya ga bisa dipakai untuk kasus sebelum hukum itu dibuat.
pertanyaan: karena itukah Pak Harto ga bisa dituntut untuk masalah korupsi? Karena hukumnya baru?

terakhir…iya aneh kok anak2nya yang mau ngegantiin bapaknya? yaudah kali, lewat! apa sengaja lagi, biar pada kena hukuman yang Pak Harto, trus jadi menghindar dari tuntutan yang emang buat diri sendiri??

Tasa, so proud of you!🙂 Keep on rocking the world with your writings.

zahra:
mmmm…. kamu mau bahas isi bukunya, ato statement kamu nih?
karena menurut pengertian saya sih…. (ngga tau bener ngga tau salah nih) kayanya The Prince-nya Nicollo Machiavelli ngga seperti itu yah… Lagian, “The Prince” dibuat kan dalam rangka “cari muka”-nya Machiavelli ke Medici Family supaya dia cepet dapet kerjaan lagi. Egh… ga taunya si Medici ga suka ma bukunya… kasiannnn deh si Mac… heehhehe…. kalo views politiknya Machiavelli coba baca di “Discovery on Livy” deh… itu (kayanya loh…) pandangan politiknya yang asli…

trus soal statement
“hukum dibuat para prince ini untuk kepentingan mereka”…
wah… ini harus buka buku Tata Negara SMA lagi nih…. tapi seinget gue (seinget gue loh!!!!! – maap kalo salah) itu tergantung perspektif dari si manusianya sendiri. sampai dengan saat ini, belum ada yang berhasil mendefinisikan “hukum” itu apa. Professor saya waktu kuliah di universitas kampung dulu juga ketawa-ketiwi waktu ditanya “hukum” itu apa….. jadi korelasinya dengan eyang kakung saya (hkhekhkekekhekhe) belum bisa dijawab…..

truuuuusssss… soal statement ini:
“hukum itu kan katanya ga bisa dipakai untuk kasus sebelum hukum itu dibuat.”
pertanyaan: karena itukah Pak Harto ga bisa dituntut untuk masalah korupsi? Karena hukumnya baru?
jawabannya ngga… undang-undang (setau saya lagi neeehhh… tolong dikoreksi kalo salah, kan disini banyak orang jagoan banget nih ma hukum) selalu berlaku surut, artinya, ya ngga bisa kaya yang kamu bilang : “ga bisa dituntut untuk masalah korupsi? Karena hukumnya baru” –> ga bisa gini. ngapain bikin undang-undang kalo ga bisa dipake? masalahnya, pembuktian korupsi itu sendiri susah banget ra… itulah dasar gue bilang diatas, ngapain jauh2 korupsi sih? yang jelas aja nih… penyalah gunaan wewenang… selese kan?

truuuuuusssss (weleh-weleh) untuk statement yang ini:
“apa sengaja lagi, biar pada kena hukuman yang Pak Harto, trus jadi menghindar dari tuntutan yang emang buat diri sendiri”
hmmmm…. ini politis banget nih…. kalo itu pandangan kamu ra, ya mungkin aja…. tapi waktu kuliah di universitas kampung dulu, aku diajarin seperti yang aku jabarin diatas… jadi kalo jaksa-nya satu almamater ama aku dulu, dia pasti melakukan hal yang aku jabarin…. mulai proses hukum anak2nya, lupain bapanya!!!!!

tapi…. kayanya sih bapak jaksa di indonesia bakalan gengsi dibilang satu almamater ma anak kampung kaya aku… jadi pasti mereka memilih jalan yang lebih “fantastis”.. karena kuliahnya juga di universitas kota yang bonafid…

egh… ini cuma pandangan dari orang yang ga tau apa2 soal hukum loh…. kuliahnya di universitas kampung lagi… jadi sekali lagi, jangan percaya, jangan dijadiin referensi, jangan di ikutin deh pokoknya….

mau sanggah? sanggah aja… malah nambah ilmu buat saya ko bapak2 dan ibu2…

ps: untuk kepentingan si pemilik blog, “universitas kampung” yang dibilang selama ini oleh saya, adalah universitas dimana tempat saya menimba ilmu KECUALI PADA SAAT STRATA-1… bener ga tas?

hehehe, another article about our famous former president. Btw, as mentioned above about Dunia Dalam Berita, and you must be know Laporan Khusus. This show is part of soeharto’s polictical policy that showed to us about what they do, and you must be remember when He smile, then everyone do same things. haha, if I remember that, I really grateful today. everything change, so is our rights to be different, dare to say no if its wrong. although many deviance happen. hey, could be it’s a orde baru legacy. anyway in my perception loh ya mas😀

Ary: Dasar ngarep. Hehe.

Zahra: Waah daun muda donk. Nikmatilah masa mudamu nak, Hehe.

Jen: Thanks so much Mba🙂

Harri: Yeah I know that news program, I don’t really remember but I’m sure it was boring! Thanks for sharing.

Petisi 50 Laporkan Kejahatan Soeharto
9 Januari 2008 – 16:36 WIB

Kurniawan Tri Yunanto

VHRmedia.com, Jakarta – Petisi 50 menyerahkan laporan kejahatan Soeharto selama menjabat sebagai presiden kedua ke Kejaksaan Agung. Soeharto dianggap melakukan tindak pidana karena menyalahgunakan kekuasaan untuk kepentingan diri sendiri dan kroninya.

Ketua Presidium Petisi 50 Judilherry Justam mengatakan beberapa bukti penyalahgunaan wewenang Soeharto dapat dilihat pada keputusan presiden (keppres) yang menguntungkan kroninya. Di antaranya Keppres No 29/1990 tentang dana reboisasi yang kemudian diubah dengan Keppres No 32/1998.

“Tujuan keppres ini sebenarnya untuk menjamin adanya proses reboisasi lahan secara kontinu, tapi dana ini juga digunakan untuk kepentingan di luar reboisasi,” kata Judilherry Justam di Kejagung, Jakarta, Kamis (9/1).

Kenyataannya, kata Judilherry, dana itu digunakan untuk pinjaman pada PT Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN) Rp 400 triliun, PT Kiani Kertas Rp 250 triliun, Kredit Usaha Keluarga Sejahtera, fasilitas bebas bea masuk sedan impor yang dikelola Siti Hardiyanti Rukmana, proyek Mobil Nasional, pendanaan tata niaga cengkeh milik Hutomo Mandala Putra atau Tomy Soeharto, dan membangun kilang migas PT Nusamba milik Bob Hasan.

Menurut dia, bukti-bukti kejahatan Soeharto itu diperkuat penelitian Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI) yang menyatakan terdapat 79 keppres bermasalah dari 528 keppres yang dikeluarkan pada periode 1993-1998. Indonesia Corruption Watch (ICW) juga mengidentifikasi 30 keppres bermuatan kolusi, korupsi, dan nepotisme yang menguntungkan Soeharto dan kroninya.

Tidak hanya itu, laporan Transparency International (TI) tahun 2004 menunjukkan selama 32 tahun berkuasa, Soeharto diduga menjarah US$ 15 miliar hingga 35 miliar. Bahkan, pada 17 September 2007, PBB meluncurkan program global Stolen Asset Recovery (StAR) untuk mengembalikan asset negara yang dijarah pemimpin politik yang korup. Dalam catatan PBB-Bank Dunia, Soeharto menempati posisi pertama dari 10 pemimpin negara terkorup.

“Untuk itu, proses hukum terhadap Soeharto harus tetap dilaksanakan agar demokrasi dan penegakan hukum sesuai amanat reformasi,” kata Judilherry. (E5)

©2008 VHRmedia.com

permisi….

tumben nih khalayaknya ga segalak biasa-nya….
biasanya ada salah ketik dikit langsung komen panjang x lebar x tinggi = isi…. hehehhe…

what i’ve said on March 6th, 2008 at 6:53 pm wasnt all true…

Leave a Reply

Read My Articles on

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

About Me

guebukanmonyet is Tasa Nugraza Barley. He's a free man with unique thoughts and dreams. He sees his life and this world differently from anyone else. That's because he knows what he wants; and for that reason he doesn't want to be the same. Read why he blogs, here.

Contact Me

guebukanmonyet@gmail.com

Categories

Copyright©2009

All articles and essays were written by guebukanmonyet. Before commenting remember that Life Accepts Differences.
