Guebukanmonyet!

Komunitas JBRB

Posted on: July 5, 2007

MISI Jakarta Butuh Revolusi Budaya adalah menyebarkan nilai-nilai budaya positif dan maju kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Mulai dari diri sendiri. Pada tanggal 30 Juni 2007 yang lalu komunitas Jakarta Butuh Revolusi Budaya (JBRB) akhirnya terbentuk dengan ketuanya Muhamad Rusdi Indradewa. Kalau selama ini kami hanya bisa cuap-cuap dan mengkritisi banyak orang melalui blog maka komunitas JBRB merupakan perwujudan nyata dari rasa kepedulian kami terhadap Jakarta. Kami yang tergabung di dalam komunitas ini sudah muak dan bosan dengan kondisi kota Jakarta yang kami saksikan setiap harinya. Kami selalu bertanya, “Mengapa anak jalanan harus hidup dalam situasi yang begitu menyedihkan?” “Mengapa Jakarta begitu kumuh dan semrawut? atau “Mengapa kemacetan tidak pernah berkurang dan transportasi umum begitu memalukan?”

Mulai dari hal yang kecil. Kalau saja Sutiyoso atau Bang Yos menjadi salah satu anggota kami sudah pasti Komunitas JBRB akan membuat agenda kerja yang luar biasa seperti: membersihkan seluruh sungai yang kotor di Jakarta, merubuhkan rumah-rumah kumuh dan membangun lebih banyak rumah susun, membuat taman kota dimana-mana, mendirikan sistem pendidikan gratis dan berkesinambungan kepada seluruh masyarakat miskin termasuk para gelandangan, atau memanggil para ahli perkotaan dari manca negara untuk menyelesaikan masalah banjir di Jakarta. Sayangnya tidak ada satu pun anggota Komunitas JBRB yang memiliki jabatan penting di Pemda DKI, semuanya masih ingusan. Mulai dari hal yang kecil bagi kami berarti: (1) Menjalankan program Berbudaya Itu Seru dan (2) Melakukan sinergi dengan komunitas dan pihak lainnya di Jakarta.

Mulai dari sekarang. Rencana tanpa realisasi jelas omong kosong. Demi merealisasikan Visi JBRB maka kami menjalankan program bimbingan belajar gratis bagi murid SD yang kurang mampu mulai tanggal 4 Agustus 2007 yang lalu. Program Bimbel gratis ini dilaksanakan setiap hari sabtu pukul 13.30 sampai 17.00 di SDN Selong 01 Senopati Pagi Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda berminat menjadi salah satu bagian dari Komunitas Jakarta Butuh Revolusi Budaya? Silahkan hubungi kami.

Foto 1: Ikbal, Aji, Rusdi, Oki, Gilang, dan Arif.
Foto 2: Muhamad Rusdi Indradewa

21 Responses to "Komunitas JBRB"

Selamat deh… klo seandainya ak di Jakarta, pasti ikutan

ya semoga ibukota ngara kita bisa jadi lebih maju. ayo benahi jakarta! *lho*

Tasa dan sahabat yang lain,

Selamat atas terbentuknya JBRB. Aku yakin dengan kesungguhan, ketulusan dan kemauan, cita-cita JBRB bukanlah sutu hal yang ada di angan-angan saja.

huhu, seneng juga ngeliat masih banyak orang2 kayak kalian yang masih peduli ama jakarta..

baguslah, seenggaknya masih ada harapan buat tuh kota.. pengen juga ikutan, programnya seru2, apa daya gw dsni, haha, semoga sukses kawan2!!

Terima kasih atas doa dan dukungan semuanya! Semoga saja komunitas JBRB dapat memberi kontribusi positif walau sedikit kepada Jakarta. Karena Jakarta memang butuh revolusi budaya!

highly respect sama kalian…
Salut!

btw base-camp nya dmana Bro? sapa tau bisa mampir kapan2?
Thanks

GBU

Thanks buat dukungannya AdhiRock. Iya, mampir donk kapan2. Base camp kita di Tulodong House
Jl. Tulodong Atas No. 28 (Deket KTS). Untuk lebih jelasnya bisa hubungi Rusdi di 0856 92010666

Ditunggu loch.

salut ….

memang kalo bikin komunitas tu sama aja menciptakan “medan energi” ya…
hehehe, istilah itu bukan saya yang mencetuskan sih, cuma nyontek salah satu mentor di komunitas kami (please meet, he’s in http://www.pejalanjauh.blogspot.com)

komunitas kami?
namanya SayapNaga, boleh lihat link-nya di halaman saya🙂
ehm, berdirinya blom lama sih, baru setahun dan kerjaan utama kita masih berjalan, yaitu menerjemahkan buku yang berisi biografi tujuh ilmuwan dari berbagai latar belakang.

Pak Tasa ini minat utamanya tentang lingkungan ya? nebeng promosi, di buku yang kami garap itu , salah satu tokohnya bernama Gretchen Daily.

silakan cari via google untuk tahu lebih tentang beliau, tapi singkatnya beliau adalah seorang ecologist.

asiknya, dari penerjemahan biografinya itu kami banyak belajar juga, karena dia dalam berkarir mengedepankan prinsip interdisciplinary study. makanya, dia selalu berkolaborasi dengan orang-orang dari berbagai disiplin ilmu, di antaranya adalah dengan ahli ekonomi🙂

wah maaf jadi panjang🙂

Hi Inda. Terima kasih buat dukungannya ya dan terima kasih juga atas link serta informasinya. Saya akan mencari tahu tentang Gretchen Daily.

Komunitas Sayap Naga-nya keren juga tuch, konsep dan idenya seru banget. Diteruskan ya semangat bersama teman-teman, mungkin suatu saat Komunitas JBRB dan Sayap Naga bisa bekerja sama untuk melakukan sesuatu yang baik.

Jangan panggil Pak euy, hehe.

wah..moga2 JRBB bisa bertahan lama..dan moga2 setelah skripsi selesai, bisa ikutan JRBB😀 biar bantuinnya gak setengah2 =)

Terima kasih dukungannya Tantang, ditunggu loch.
Hubungi Rusdi 0856 92010666

Sukses selalu!

Salam kenal, wah asik nih nemu wadah tuk bisa nyalurin cinta gw sama Jakarta (gw msh ada keturunan betawi). Gabung donk… gmn caranya?

Gw yakin, masih banyak anak muda yg punya jiwa sosial tinggi kaya kalian. yg ga cuma omdo n caci maki aja kerjaanya..

Suskes selalu bro!

Salam kenal juga yah. Ditunggu loch, hubungi Rusdi di 0856 92010666.

Ayo semua anak muda Jakarta bergabung dan merubah kota ini menjadi seindah Paris, boleh donk bermimpi.

Selamat..
Menurut saya, pemikiran dan tindakan kalian bener-bener brilian…
Patut dicontoh bwat anak2 muda..yang hedonisme..

Sayang sekali..saya bukan orang jakarta..
sayah mah orang bandung..
tapi insyaallah, saya juga lagi nyari orang2 untuk bikin komunitas sosial..di bandung..

Yah ayo kita sama2 mengubah kota masing2..yang akhirnya kita mengubah Indonesia..

hehehe…
AriGatooo!

@cietra:
cietra, tadi sempet jalan2 dikit nemu kmunitas semacam ini juga di Internet, hehe, coba aja di cek di http://www.ilovebandung.wordpress.com

Terima kasih Cietra, mohon doa dan dukungannya. Benar kata Yuki, Cietra bisa coba menghubungi Deniar di iLoveBandung.

Waaaawww…selamat yah!
(telat amat…tapi gapapa kan?)
Saya sangat sangat sangat mendukung!

Saya pribadi berpendapat masalah di Indonesia itu masalah mental bangsanya. Jadi bukan pemerintahnya aja. Pemerintah itu cerminan rakyat bukan?? Cuma level dan kekuasaannya beda aja. Kalo diganti tapi mental penggantinya begitu-begitu juga ya sama aja…

Menurut saya, Indonesia butuh revolusi budaya. Tapi Jakarta dulu juga nggak papa, yang penting mulai. Semoga nanti bisa tersebar ke seluruh Indonesia. Saya doakan sukses…

Oiya, kenapa harus perencana luar negri? Perencana dari Trisakti, ITB, UGM juga bagus-bagus loh…cuma implementasinya kan yang netuin politik. Asal pemerintahnya bener Insya Allah hasil perencanaan yang dibuat sama perencana kota kita jadinya bagus juga.

Yuki: makasih link-nya…hehe, seneng deh..

Cietra: Halooo…sesama orang (yang ada di) Bandung…:) saya mau ikut dong…hehehe…

Cari2 di google nama sendiri ‘deniar’ eh koq ada yang ngomongin diriku di sini. Yup bisa contact2 aku di sini http://deniar.ueuo.com

Untuk iLoveBandung bisa ke ilovebandung.wordpress.com

Kita juga baru buat iLoveBandung, belum ada tindakan-tindakan nyata (salut untuk JBRB). Tapi insya Allah kita mulai dulu dengan tulisan-tulisan. Sedang mencari rerembug untuk bergerak menjadi komunitas gerak nyata yang bisa berkontribusi buat Bandung dan masyarakat sekitar.

Silakan urung rembug di iLoveBandung. Yang berminat jadi author/contributor juga silakan.

btw thanks buat ‘guabukanmonyet’, ‘udiot’, dan ‘JBRB’ yang juga jadi salah satu inspirator kami. Sukses!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Read My Articles on

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

About Me

guebukanmonyet is Tasa Nugraza Barley. He's a free man with unique thoughts and dreams. He sees his life and this world differently from anyone else. That's because he knows what he wants; and for that reason he doesn't want to be the same. Read why he blogs, here.

Contact Me

guebukanmonyet@gmail.com

Categories

Copyright©2009

All articles and essays were written by guebukanmonyet. Before commenting remember that Life Accepts Differences.
%d bloggers like this: