Guebukanmonyet!

iPhone is Coming!

Posted on: February 14, 2007

Pada hari tanggal 9 Januari 2007 yang lalu CEO sekaligus pendiri Apple Steve Jobs mengumumkan kepada publik produk terbaru dari Apple yang mereka sebut iPhone. Momen yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba juga. Setelah lebih dari dua tahun proses penelitian dan pengembangan akhirnya Steve Jobs dengan bangga mengumumkan kehadiran sebuah produk yang disebutnya akan me-revolusi industri telekomunikasi dunia. Tampil santai apa adanya dengan memakai kaos hitam lengan panjang dan celana jeans, Steve Jobs dihadapan wartawan dan publik mengatakan bahwa iPhone akan menjadi legenda baru dari Apple mengulang kesuksesan Ipod.

Apple tampak sangat ambisius mengulang kesuksesan perusahaan tersebut dalam industri MP 3 player. Ipod yang pertama kali diperkenalkan ke pasar dunia pada tahun 2001 memang tidak diragukan lagi telah mengubah industri MP 3 Player serta industri musik dunia. Apa yang dilakukan Steve Jobs dan Apple sama persis seperti apa yang dilakukan Sony dengan Walkman-nya pada tahun 1970-an. Ketika itu banyak kalangan yang mentertawakan ide gila Sony menjual sebuah alat pemutar musik kecil yang dapat dibawa kemana saja. Banyak pengamat musik yang meragukan keputusan Sony tersebut dan berkata sinis, “Orang akan lebih menikmati musik dengan suara keras di rumah mereka.” Tapi apa yang terjadi? dalam hitungan tahun Sony dapat mengubah bagaimana banyak orang di dunia berperilaku. Walkman tiba-tiba menjadi sebuah tren, anak muda tiba-tiba merasa begitu ketinggalan jaman apabila mereka tidak memiliki Walkman. Begitu juga dengan Ipod. Sekarang Ipod menjadi sebuah nama yang mendunia, sebuah icon yang merepresentasikan kedinamisan, kesederhanaan, mobilitas tinggi, kecanggihan teknologi, dan tentu saja musik! Kehadiran Ipod di dunia industri musik benar-benar merovolusi pasar, musik dalam format digital yang tadinya dianggap angin lalu saja oleh banyak perusahaan rekaman dunia tiba-tiba menjadi sebuah trend yang harus diikuti oleh setiap anak muda di dunia. Tiba-tiba saja musik dalam format Compact Disc (CD) menjadi kuno dan ketinggalan jaman. Begitu suksesnya Ipod dalam mengeruk potensi pasar membuat perusahaan besar seperti Microsoft penasaran dan akhirnya mengeluarkan MP 3 Player mereka pada akhir tahun lalu yang diberi nama Microsoft Zune. Sejauh ini belum dapat dipastikan apakah kehadiran Zune mampu menggoyahkan posisi yang telah dinikmati Apple selama beberapa tahun ini. Kenyataannya toko-toko Apple di seluruh wilayah Amerika Utara masih dikerubuti orang-orang pada akhir tahun lalu dalam menghadapi perayaan thanksgiving, natal, dan tahun baru.

Apabila Anda berkunjung ke Amerika Serikat Anda dengan mudah akan melihat orang-orang berseliweran di sepanjang jalan sambil mendengarkan musik melalui Ipod. Mulai dari anak kecil, anak muda, ibu-ibu, pekerja dengan pakaian rapi, hingga orang yang sedang berolahraga. Apple jelas ingin melakukan hal yang sama dengan iPhone mereka. Pada dasarnya iPhone yang menggunakan Mac OS X sebagai operating sistemnya merupakan gabungan dari 3 feature utama: Ipod layar besar dengan teknologi touchscreen, revolutionary phone, dan internet browsing. Apple akan mulai memasarkan iPhone pada Juni 2007 dengan dua varian iPhone 4GB seharga $499 dan iPhone 8GB seharga $599.

Walau banyak analisis industri telepon genggam dunia masih ragu apakah Apple mampu mengulang sukses yang sama melalui iPhone seperti apa yang mereka lakukan melalui Ipod tapi banyak kalangan setuju bahwa kehadiran iPhone di industri telepon genggam akan setidaknya mengancam produk-produk high-end dari pemain-pemain besar seperti Nokia dan Motorola. Analisis industri memperingatkan perusahaan-perusahaan telepon genggam untuk melakukan inovasi yang berani apabila tidak mau pangsa pasar mereka digerus oleh Steve Jobs. Terlepas dari ambisinya untuk merevolusi industri telepon genggam Steve Jobs di hadapan publik tidak mau terlalu sesumbar akan target penjualan iPhone. Bos Apple ini menyebutkan bahwa setidaknya ada 957 juta telepon genggam terjual di seluruh dunia pada tahun 2006 bandingkan dengan 209 juta PC yang terjual pada tahun yang sama. Hanya 1 persen dari total pangsa pasar dunia berarti sekitar 10 juta unit yang merupakan target penjualan iPhone pada tahun 2008.

Namun bukan hal yang tidak mungkin apabila iPhone mampu terjual dalam jumlah yang lebih besar dari target resmi tersebut. Selama ini Apple dikenal sebagai sebuah perusahaan yang mengejar pasar niche yang memiliki jumlah market share yang cenderung kecil. Namun kesuksesan Apple melalui Ipod membuktikan bahwa Apple mampu berjaya dalam strategi mass-marketing. Walau banyak pihak yang mengatakan bahwa Ipod sebenarnya ditawarkan ke pasar niche ketika pertama kali keluar dipasaran dan Apple mengubah kebijakan pemasarannya setelah melihat respon yang positif dari konsumen. Apapun itu yang pasti para pecinta Mac book dan Ipod sudah harus mulai menabung dari sekarang untuk membeli iPhone Juni mendatang!

2 Responses to "iPhone is Coming!"

wooo…
oh hell no.. this is iPhone we’re talkin about here! you dont tolerate ZER0 comment, do you? LOL
lemme leave you a comment cuz ima mac-freak..
it’s comin on june indeed but i dont have money!
but wut the hicky.. Mr. Jobs is awesome..

Hell yeah, you iMac freak!
iPhone might be a great gadget for customers but I’m not sure if it can be a phenomenon as what they had with iPod.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Read My Articles on

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

About Me

guebukanmonyet is Tasa Nugraza Barley. He's a free man with unique thoughts and dreams. He sees his life and this world differently from anyone else. That's because he knows what he wants; and for that reason he doesn't want to be the same. Read why he blogs, here.

Contact Me

guebukanmonyet@gmail.com

Categories

Copyright©2009

All articles and essays were written by guebukanmonyet. Before commenting remember that Life Accepts Differences.
%d bloggers like this: